Tuesday, October 25, 2016

10:17:00 PM - , No comments

Yang Harusnya Menangis?

Dapet peringkat 81 waktu pretest yaa nggak bodo bodo amat lah (dari seluruh siswa 1 angkatan (251 siswa)). Dengan rincian:
Bahasa Inggris      : 88
Bahasa Indonesia : 66
Matematika           : 4.25
IPA                          : 3.5

Nilai segitu? Biasa aja lah, ngerjain sendiri. Tapi ngga sama temen temen yang lain...

Hari ini, gue nangkep ekspresi kekecewaan mereka. Yang ngga pernah gue tau adalah, kenapa mereka harus kecewa. Logikanya gini nih, kenapa kita harus kecewa dengan hasil yang sudah kita dapat dari usaha sendiri? Anggep aja ini sebagai awal perjalanan kita, dan di try out berikutnya diharapkan grafik naik terus. Ya udah gitu aja. Ngga usah sampe nangis nangis atau mau bunuh diri lah, ini baru awal. Yang kita butuhin itu bersyukur dan berusaha terus, terus, dan terus.

Yang gue herankan yaitu, barisan para tukang contek. Peringkat setinggi apapun mereka, harusnya mereka yang malu. Apalagi yang masuk 30 besar, itu harusnya nangis. Lah mereka udah ngebohongin diri sendiri dan mereka ngga pernah bisa tau kemampuannya sendiri. Ngebohongin diri sendiri itu sakit dan akibatnya itu ngga langsung dirasain, tapi di masa depan mereka bakal kerasa. Gue yakin itu. Kalo mereka udah terlena diatas angin nyontek, pasti nilai UN ngga bakal ada yang sampe 30 keatas. Grafik try out naik, UN jangan berharap. Percaya ya mati ngga percaya ya mati.

Buat yang ngga nyontek dan nilainya masih kurang, semangat terus dan jangan menyerah. Buat yang nyontek, itu sih hak kalian mau berubah atau engga... yang jelas kalian itu termasuk orang yang akan merugi.

0 komentar: