Wednesday, February 1, 2017

10:15:00 AM - No comments

Q&A Dengan Penjual Angkringan

Hari               : Selasa 10 Januari 2016
Jam               : 21.20 WIB s.d selesai
Tempat         : Angkringan "Babeh" Sumpiuh
Narasumber : Bapak Nikram

(Sebenarnya wawancara ini dalam bahasa jawa, tapi untuk mempermudah saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia)

Selamat malam, bisa minta waktunya sebentar untuk wawancara pak?
   Bisa, silahkan
Siapa nama lengkap bapak?
   Nikram
Kenapa bisa dipanggil babeh?
   Karena ada pelanggan yang memanggil seperti itu dan pelanggan lain juga ikut memanggil seperti itu.
Boleh saya tau tempat tanggal lahir babeh?
   Saya lahir di Solo tanggal 23 Juni tahun 1961.
Sejak kapan mendirikan usaha angkringan?
   Sejak bulan Maret tahun 2014.
Metode berjualan angkringan?
   Bermitra dengan angkringan lain. Jadi saya tidak memasak dagangannya sendiri.
Awal mula berdagang angkringan?
   Awal mulanya saya membantu saudara menjual ayam bakar di Gombong depan Bimbel Ganesha Operation, setelah saya pindah ke Ketanda lalu saya mulai berdagang angkringan bermitra dengan Koprale Sumpiuh dan berdagang di utara Toko Satria Jaya Cabang. Tidak berselang lama, saya pindah ke sebrang jalan tepatnya di utara Dealer Yamaha Sumber Baru Motor Sumpiuh. Setelah itu saya tidak lagi bermitra dengan Koprale Sumpiuh, dan akhirnya saya bermitra dengan Koprale Gombong sampai sekarang.
Apa saja makanan yang bapak jual di angkringan ini?
    Ada nasi kucing, sate usus, sate telor, ceker, gorengan, bacem, ati, dan sayap.
Kalau minuman yang dijual disini?
   Ada teh, jeruk, susu, jahe, dan jahe susu. Bisa disajikan hangat atau dingin tergantung permintaan pembeli.
Dalam sehari bekerja di angkringan berapa jam?
   Saya bekerja dari jam 4 sampai sekitar jam 2. Jadi, kurang lebih saya bekerja di sini selama 10 jam
Berapa penghasilan kotor bapak dalam semalam berjualan angkringan?
   Sekitar 500.000 keatas
Keuntungan yang bapak dapat dalam semalam berjualan?
   Tidak menentu, biasanya 100.000 keatas
Selama berjualan, apa kendala yang sering bapak alami?
   Hujan. Karena jika hujan jarang ada pembeli yang mampir. Apalagi hujan dari sore sampai pagi pasti dagangan tidak habis
Apakah bapak ingin membuka usaha lain?
   Tidak. Saya malah ingin mengembangkan usaha angkringan ini menjadi lebih besar. Rencananya saya akan mulai memasak sendiri makanan angkringannya, lalu saya akan memberikan peluang orang lain untuk bermitra dengan saya.
Motivasi bapak selama ini apa?
   Sabar adalah kunci kesuksesan.
Apa pesan bapak buat saya?
   Belajar terus yang rajin agar sukses di kemudian hari. Setelah sukses, jangan lupakan babeh dan jangan lupa kalo kamu sering nongkrong disini sampe angkringan tutup.

Foto terganteng dengan penjual angkringan tahun 2017:

0 komentar: