Monday, July 27, 2020

Pengalaman Mendaftar dan Ujian Masuk STMM Yogyakarta

STMM "MMTC" Yogyakarta, kampus negeri dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang tidak banyak orang tau, termasuk orang-orang Jogja. Padahal menurutku ini kampus keren banget, punya fasilitas yang proper buat penyiaran televisi dan radio.

Thanks a lot, Rahma
Semua ini bermula dari Status Whatsapp Rahma, temenku yang diterima SNMPTN Sastra Inggris di UGM, dia upload surat pernyataan diterima di STMM gitu, dan muncul berjuta pertanyaan mengenai kampus itu.

Setelah sedikit googling dan tanya tanya ke Rahma ternyata itu kampus penyiaran! Negeri! Wah, mantep nih, kebetulan lagi suka nonton NET TV dan pengen bgt ngerasain kerja disana. Kebetulan juga tiap Senin - Jumat selalu dengerin siaran pagi Prambors & Hard Rock FM Jakarta. Katanya juga bakalan ada gelombang berikutnya, jadi semangat banget deh.


Akhirnya tanggal 3 Juni 2020 ada pembukaan lagi dan cuma pake rapor! Wah, parah sih ini harus daftar. Siapa tau sekolah ini yang bisa jadi jembatanku buat jadi penyiar radio, hahay. Lalu riset lah aku tentang jurusan jurusan disana, ada D4 Manaprodsi, D4 manarita, D4 Matekstosi, D4 Animasi, D4 Teknologi Permainan, dan S1 MIK.

Setelah menimbang nimbang, Jurusan Manaprodsi keren sih. Di TV bisa jadi semua crew suatu acara, misalnya jadi floor director, campers, lighting, dll., di radio juga bisa jadi script writer, kalo hoki bisa jadi penyiarnya, aamiin.


Persyaratan buat daftar ujian jalur rapor ini antara lain:

1. Ijazah/SKL2. Surat Pernyataan Tidak Buta Warna dari Puskesmas atau rumah sakit3. Prestasi non-Akademik (Opsional)4. Portofolio Karya (Opsional)Karena aku punya semuanya, jadi aku penuhi semua persyaratan diatas. Syarat lain lain ada jugakeaslian dokumen, foto latar belakang merah, dan bayar Rp150.000Tanggal 17 Juni (H-1 Penutupan) dengan perjuangan melawan kemalasan, aku akhirnya nyelesaiin semua syarat syarat pendaftaran dan upload yang diperluin. Dengan nilai ijazah yang tidak buruk dan kelengkapan prestasi serta portofolio, aku optimis bakal keterima.Akhirnya hari yang ditunggu dateng juga. Jumat, 10 Juli 2020 ada email, isinya gini:

Aku yang lagi tiduran di sofa dan kebetulan ada ibu, cuma bilang, "Alhamdulillah STMM lolos." dan kayaknya ibu juga seneng. Rasanya sih lega banget, setelah 2 hari sebelumnya UTBK, akhirnya dapet juga kampus negeri yang jurusannya aku suka selain yang aku daftarin di UTBK. Sebenernya berharap juga UTBKnya diterima, jadi nanti pilihannya mau kuliah di kampus mana, bukan milih mau gapyear atau kuliah di swasta.

Kenapa sih kok keliatannya aku anti banget sama swasta? Ngga juga sih, cuma pengen kuliah di negeri aja biar lebih hemat uang. Sebenernya aku juga daftar President University dan diterima kok, tapi nggak mampu bayar kalo kuliah disana.


dapet beasiswa tapi masih bayar banyak bgt, ga kuat!

Udah sih gitu aja ceritaku, kalo kalian pengen daftar ke STMM dan tanya tanya ke aku, boleh kok komen disini, atau lewat IG @ardian1301. Jangan lewat twitter ya, lagi di suspend, haha. Makasih ya yang udah mau baca sampe selesai, tunggu tulisan-tulisanku yang lain!



0 komentar: