Thursday, June 4, 2020

8:37:00 PM - No comments

Surat Untukku di Masa Depan (Baca Lagi Setelah Pengumuman SBMPTN)

Hai, ini aku, kamu sebulan yang lalu. Hari ini aku udah daftarin kamu SBMPTN dan dapet tanggal ujian 8 Juli 2020. Maaf ya aku harus mengubur cita citamu untuk kuliah di UGM lewat SBMPTN, karena aku tau kemampuanmu dan aku rasa sebaiknya di SBMPTN ini harus realistis, aku ngga mau kamu tahun ini ngga kuliah. Meskipun di Undip, aku tetep pilihin kamu Sastra Inggris dan Sastra Indonesia kok.

"KALAU GAGAL JANGAN MENANGIS!", Itulah motto hidupmu dari dulu ketika menghadapi tantangan. Bukan berarti kamu ngga boleh nangis, tapi artinya disini tidak semua tantangan harus kamu menangkan dan kamu mendapatkan keberhasilan darinya. Karena masih ada kegagalan kegagalan lain yang menunggumu di depan sana, dan kegagalan yang sedemikian banyaknya itu nantinya akan menjadi cerita serta mendewasakanmu ketika hendak mengambil keputusan dan memecahkan masalah.

Paragraf kedua harusnya sudah menguatkanmu, dan untuk membaca paragraf ini dan paragraf paragraf berikutnya, aku minta kamu tetap tegar apapun yang terjadi.

Nantinya akan ada dua kemungkinan ketika kamu membaca tulisanku ini. Yang pertama adalah KEMUNGKINAN TIDAK LOLOS SBMPTN. Pahit ya? Dapet kabar gembira temen temenmu lolos di kampus yang mereka impikan. Tolong doakan kesuksesan mereka, jangan pernah berpikiran buruk apapun mengenai mereka. Ya Allah, semoga teman temanku dan semua mahasiswa yang diterima tahun ini dilancarkan kuliahnya, dilapangkan rezekinya, dan dimudahkan dalam meraih cita citanya, aamiin.

Masih ada UM Undip kan? Tinggal tunggu pengumuman loh. Ada juga UTUL UGM besok, jangan sampe bangunnya telat! Jangan lupa bayar UM UNNES, dan jangan lupa kamu juga udah daftar UM UNY. Yang paling penting malah STMM Jogja! Sekarang aku lagi suka banget kepoin produksi acara TV dan aku harap kamu juga masih sepertiku. Semoga dimudahkan buat diterima di salah satu kampus yg kamu daftarin. Jangan lupa buat terlihat kuat di depan orang tuamu, mereka pasti akan bilang, "yaudah belum rezekinya, gapapa." Jangan sampe kamu nangis di depan mereka ya! Tetep biasa aja seolah kegagalan ini ngga pernah terjadi. Yang boleh tau kamu sedih itu hanya kamu, jangan di umbar ya! Mereka pasti sedih, tapi ya mau gimana lagi.

Yang kedua, SELAMAT, ANDA DINYATAKAN LOLOS! Alhamdulillah, kamu hoki banget! Undip! Jurusan apapun yang kamu dapet, aku tau gimana rasa seneng itu! Orang tuamu akan menangis, kamu pun akan menangis, karena bahagia! Kamu jelas akan beritahu berita ini kepada Pandu sahabatmu yang udah duluan keterima di ITB lewat jalur SNMPTN. Lalu kamu beritahukan lagi kepada temen temen yang lain, dan ucapan selamat akan mendengung di telingamu setidaknya 1-3 hari kedepan. Orang tuamu pun pastinya bangga, berita ini dikabarkan kepada sanak saudara dan teman teman mereka, lalu teman dari orang tuamu juga akan menganggap orang tuamu sukses mendidikmu, setidaknya sampai tahap awal untuk menjadi seorang Sarjana Sastra. Akhirnya kamu dekat dengan saudara di Semarang dan pasti kamu akan belajar banyak hal.

HIDUP BUKAN LOMBA LARI, MEREKA TIDAK HARUS SAMA DENGAN KITA, KITA JUGA TIDAK DIHARUSKAN SAMA DENGAN MEREKA.

Capek juga ya nulis panjang lebar, habis dari Rumah Faiz dan Vapenom. Akhir kata aku harap kamu ngga lupa baca lagi setelah Pengumuman SBMPTN ya! Salam hangat dari kamu sebulan yang lalu.

0 komentar: