Wednesday, October 2, 2019

7:53:00 PM - , No comments

Ciri Struktur Kalimat



Kamu…
Kamu adalah ciri subjek
Berupa jenis kata yang dibendakan
Karena rasamu adalah abstrak, tapi bisa dirasakan

Kamu…
Kamu adalah ciri subjek
Menjadi pokok pikiran dalam kehidupanku
Menjadi jawaban dari siapa yang selama ini aku tanyakan dalam doa

Kamu bukanlah ciri keterangan
Yang dapat dipermutasikan tanpa mengurangi makna diriku
Kamu tidak bisa dihilangkan begitu saja
Karena tanpamu aku adalah kalimat ambigu

Kamu bukanlah ciri objek
Yang dapat digantikan dengan “-nya”
Karena kamu lebih tepat sebagai ciri pelengkap
Satu satunya, dan tak akan bisa digantikan oleh “-nya”

Kamu adalah kata benda
Yang harus menjadi subjek dalam pola kalimat dasar
Sedangkan aku bisa menjadi kata lain
Karena akulah predikat, yang bisa mengerti apa yang subjek kehendaki

Aku dan kamu terangkai jelas dalam ciri struktur kalimat
Aku tanpamu adalah kalimat tidak padu
Pun jika kamu berdiri sendiri
Akan menjadi kalimat tanpa arti

Izinkan aku membersamaimu
Supaya kita menjadi kalimat padu
Kalimat yang mudah dimengerti
Dan saling melengkapi

Bahasa adalah rasa
Ia hidup ketika dirangkai sebagaimana mestinya
Begitupula kita
Akan hidup jika terangkai dalam ikatan rasa


Ardian Dwi Kurnia, 2019

0 komentar: