Saturday, December 23, 2023

Penarikan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Lingkar Kampus

              Upacara Penarikan KKN Tematik Diponegoro Lestari di Aula Kantor Kelurahan Tembalang (18/12)


Semarang - Senin (18/12) P2KKN Universitas Diponegoro (Undip) melakukan penarikan mahasiswanya dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Lingkar Kampus dengan Tema “Penguatan Kelompok Warga untuk Mewujudkan Waduk Diponegoro Lestari”. KKN Tematik ini adalah program lanjutan dari KKN Tematik Lingkar Kampus sebelumnya yang bertemakan “Sungaiku Bersih Kampusku Asri”. Penarikan dilakukan oleh Dr. Adi Nugroho, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Tematik di Aula Kantor Kelurahan Tembalang, Kota Semarang. Dalam sambutannya, Adi menyampaikan terima kasih atas bantuan fasilitas yang diberikan oleh Staf Kelurahan Tembalang sehingga dapat memperlancar kegiatan KKN Tematik.


Turut hadir pula Lurah Tembalang, Asih Sri Windarti S. T. sebagai perwakilan dari Kelurahan Tembalang yang melepaskan 65 Mahasiswa Undip untuk diserahkan kembali pada pihak universitas. Asih mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah memperbaiki dan menjaga lingkungan khususnya Waduk Diponegoro. Ia juga meminta maaf apabila terdapat kekurangan selama membersamai mahasiswa dalam masa program.


Diwawancara terpisah, Wakil Koordinator program KKN, Ghoziy menyampaikan bahwa capaian Tim KKN Tematik Waduk Diponegoro Lestari sangat memuaskan dengan garis besar telah menyelesaikan empat program multidisiplin. Program yang dilaksanakan antara lain Sendang Pongangan, optimalisasi waduk, Komunitas Peduli Sungai, dan susur sungai. Hal ini tak lepas dari peran serta masyarakat yang turut aktif dalam menyukseskan program yang telah dirancang mahasiswa KKN Tematik Diponegoro Lestari.

“KPS itu komunitas peduli sungai, yang kita lanjutkan dari program tahun lalu yang sudah terbentuk koordinator-koordinatornya. Di susur sungai kita dibantu Prof. Sriyana, dosen Teknik Sipil dalam bidang ilmiahnya. Untuk di Sendang Pongangan itu, kami melakukan pengadaan pompa air dan toren supaya mata air (sendang) jadi lebih mudah digunakan warga. Satu lagi optimalisasi waduk, itu kami mengerjakan estetika dan keselamatan waduk, seperti melakukan pengadaan ring buoy, stiker-stiker keselamatan, dan denah lokasi peta,” terang Ghozy memaparkan empat program fokus yang telah dilaksanakan kelompoknya.

Sementara acara penarikan peserta telah dilakukan pada Senin (18/12) dan Kelompok Waduk Diponegoro telah menyelesaikan seluruh programnya pada hari Minggu (10/12), masih ada satu acara yang perlu mereka kerjakan kedepannya untuk menyelesaikan program KKN, yaitu expo gelar karya. Steven dan Ghozy menjelaskan bahwa acara tersebut berdasarkan usulan P2KKN, akan disatukan dengan KKN-KKN yang lain di bulan Januari sembari menunggu seluruh kelompok selesai melaksanakan programnya. Maka dari itu, kelompoknya menunggu program KKN yang lain selesai.

“Expo itu kayak puncak dari KKN, gitu, Kayak mono sama multinya kita tuh dipamerin, gitu. Kayak pameran satu KKN Tematik. Kira-kira exponya akan dilakukan di Januari tahun depan, sekitar (antara) minggu kedua dan minggu ketiga. Kita tinggal eksekusi aja, sih,” jelas Steven Aron.

“Harapan dari kita, (program KKN ini bisa) sustain, sih. (Semoga) nanti tahun depan juga ada KKN-KKN waduk (seperti kita) yang lain. Kita yang walaupun sudah berjalan, pasti ada bolong-bolongnya gitu, loh. Ya semoga bisa jadi lebih baik,” tutup Ghoziy.


KKN Tematik Lingkar Kampus adalah program pengabdian masyarakat dari Universitas Diponegoro yang menyasar masyarakat di sekitar daerah aliran sungai yang menuju ke Waduk Diponegoro Lestari dengan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia di wilayah tersebut agar terbangun semangatnya untuk merawat sungai dan lingkungan di sekitarnya agar semakin baik, bersih, dan asri.


KKN Tematik Lingkar Kampus yang dilaksanakan pada ini diikuti oleh 65 mahasiswa dengan rincian 22 Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, 17 Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 13 Mahasiswa Fakultas Teknik, 5 Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 3 Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2 Mahasiswa Fakultas Hukum, 2 Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, dan 1 Mahasiswa Sekolah Vokasi.


Ardian Dwi Kurnia

Khizbulloh Huda

0 komentar: